Mungkinkah di Indonesia Ada Gerakan Boikot Produk Non Muslim ?

UTAMA


Sudah sekitar tiga bulan, Rakyat Melayu Islam menjalankan aksi Buy Muslim First (BMF) untuk melawan monopoli perdagangan oleh pengusaha Cina di Malaysia. Pada bulan ketiga sangat terasa dampaknya, pengusaha Cina sudah diskon barang barangnya hingga 50% namun melayu muslim tidak membeli juga.

Pemimpin negara kalang kabut, beberapa produk Cina Malaysia yang dulu menguasai pasar bertumpuk tidak terbeli. Beberapa pengusaha Cina mulai bangkrut. Sebaliknya pengusaha muslim dari Desa dan kota ketiban rezeki.
 Seorang netizen, Arham Bahar, mengatakan dirinya baru melihat solidaritas muslim Malaysia yang begitu solid.

Mereka bertekad meruntuhkan dominasi ekonomi pengusaha Cina.
Gerakan tersebut terus menggelinding dan aksi tersebut semakin meluas dan berkembang, bukan cuma untuk barang, tapi gerakan boikot juga merambah ke sektor jasa non muslim. Gerakan ini bersifat massif bahkan campaign Buy Muslim Firt (BMF) merambah hingga ke para dosen di Negeri Jiran. Mungkinkan gerakan serupa bisa dilakukan di Indonesia ?

Sebagaimana dibritakan Kontan.co.id, gerakan untuk memboikot produk-produk non-Muslim semakin menggema di Malaysia. Melansir South China Morning Post, kampanye berita palsu dan retorika politik terus memicu ketegangan rasial dan agama, sehingga mendorong seorang anggota keluarga kerajaan negara bagian Perak untuk menggambarkan situasi itu sebagai “detak jantung” bom waktu”.

Pesan berantai agar mayoritas Muslim Melayu di negara itu memboikot barang yang diproduksi oleh non-Muslim, bahkan yang halal, telah secara aktif dibagikan di Facebook dan grup obrolan WhatsApp. Nama-nama minimarket yang dianggap dimiliki oleh pihak non-Muslim juga terdaftar sebagai tempat yang harus dihindari.

Industri makanan dan minuman halal yang melayani Muslim di Malaysia diperkirakan bernilai 50 miliar hingga 55 miliar ringgit (setara dengan US$ 12 miliar hingga US$ 13,2 miliar) untuk tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *